DOSEN FT-UNP MELAKSANAKAN PENERAPAN ALAT PENGURAI SABUT KELAPA DI NAGARI SUNGAI SARIAK

Dosen Program Studi Teknik Mesin dan Prodi Teknik Otomotif Universitas Negeri Padang telah sukses mengembangkan penerapan teknologi tepat guna. Penerapan Alat Pengurai Sabut Kelapa  yang memanfaatkan limbah sehingga bernilai ekonomis. Penerapan alat ini dilakukan di Korong Sungai Ibur I Nagari Sungai Sariak Kecamatan VII Koto Padang Pariaman. Kapasitas alat pengurai sabut kelapa ini sebesar 51 kg/jam, dimana digunakan penggerak motor bakar diesel 8,5 HP dengan putaran 2600 rpm.

Kegiatan PKM ini yang diketuai oleh Hendri Nurdin, MT. yang beranggotakan Delima Yanti Sari, ST., MT., Ph.D. dan Toto Sugiarto, S.Pd, M.Si, serta di dukung oleh mahasiswa Teknik Mesin. Keberhasilan merekayasa alat penguraian sabut kelapa menjadi serat kelapa (cocofibre). Tingkat keamanan desain konstruksi rangka dari batang profil U 80, sehingga tidak mengalami getaran, Efektifitas alat dapat mencapai 90 % karena di dukung sumber penggerak yang memiliki daya yang besar dan roda penyeimbang yang menjadi putaran lebih stabil,

Alat pengurai sabut kelapa ini sangat berguna bagi kelompok tani Sungai Talang Dimana alat mampu melakukan kerja penguraian sabut kelapa dengan efisien waktu yang cepat. Penerapan konsepsi teknologi ipteks dapat berdampak terhadap peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan Masyarakat. Selain itu, membangun wawasan masyarakat di Nagari Sungai Sariak yang berdampak bersinergi di tengah masyarakat.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *