KEGIATAN PELATIHAN PERAWATAN MESIN PERTANIAN DI DESA SAUREINU KABUPATEN KEPULAUAN MENTAWAI

Desa Saureinu merupakan sebuah desa di Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai dimana dominan penduduknya berprofesi sebagai petani. Hanya saja seringkali peralatan/mesin yang diterima tidak bisa bertahan lama lantaran secara kompetensi para petani belum memiliki kemampuan dalam melakukan perawatan dan perbaikan. Selain itu letak desa Saureinu yang terpencil dan jauh dari pusat keramaian menjadikan minimnya usaha perbengkelan yang ada di daerah ini. Di sisi lain ketersediaan sparepart untuk perbaikan mesin bisa dikatakan tidak tersedia disini. Kondisi ini menjadi penyebab utama mengapa banyaknya peralatan/mesin pertanian yang rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Keterbatasan ini tentunya menurunkan produktivitas petani dalam menggarap lahan pertanian.

Kegiatan PKM ini di inisiasi oleh Dosen Departemen Teknik Mesin berkolaborasi dengan dosen dari Fakultas Pariwisata dan Perhotelan UNP serta melibatkan 4 orang mahasiswa. Pada kegiatan ini tim PKM memberikan materi terkait perawatan mesin pertanian dan melakukan praktik. Kegiatan praktik diterapkan pada mesin potong rumput milik warga yang memang sudah rusak dan tidak layak pakai.

Dari kegiatan ini, peserta mendapatkan pengetahuan terkait perawatan dasar mesin, analisis kerusakan dan perbaikan. Disamping itu juga pada akhir kegiatan, tim melakukan simulasi penggunaan mesin potong rumput yang baik dan aman. Ini dilakukan lantaran masih minimnya pengetahuan warga terkait potensi bahaya dalam mengoperasikan mesin potong rumput.

Pada akhir kegiatan, Kepala Desa Saureinu, menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan PKM ini. Beliau menyambut baik kegiatan ini dan berencana akan melakukan kerjasama sejenis dengan UNP kedepan dalam rangka mencari solusi atas permasalahan yang dialamai warga Desa Saureinu. Semoga kegiatan ini menjadi titik awal kolaborasi Desa Saureinu dengan UNP kedepan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *