Pelaksanaan Uji Kompetensi (UJIKOM) perdana di TUK Teknik Mesin

Tempat Uji Kompetensi (TUK) Teknik Mesin Universitas Negeri Padang menyelenggarakan Uji Kompetensi (Ujikom) perdana pada Skema Kualifikasi 5 Bidang Otomasi Industri. Sebagai salah satu skema dari total 26 skema baru yang telah mendapatkan lisensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) di bawah naungan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi ) UNP Padang memberikan peluang yang kepada mahasiswa untuk mendapatkan sertifikat kompetensi dari lembaga BNSP pusat.

Kegiatan Ujikom perdana pada skema ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 15-17 Mei 2023. Ketua TUK Teknik Mesin Drs. Irzal, M.Kes mengutarakan Ujikom perdana Skema Kualifikasi 5 Bidang Otomasi Industri diikuti oleh 12 orang asesi yang merupakan mahasiswa Departemen Teknik Mesin UNP Padang yang berasal dari Program Studi DIII Teknik Mesin dan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin. Sebanyak 2 orang asesor yang telah berlisensi nasional dilibatkan dalam Ujikom ini, yaitu: Dr. Eko Indrawan, S.T.,M.Pd dan Febri Prasetya, S.Pd.,M.Pd.T.

Ketua LSP P1 Universitas Negeri Padang Dr. Mulya Gusman,S.T.,M.T mengungkapkan bahwa sertifikasi kompetensi ini sangat penting bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya. Di samping mendapatkan ijazah Sarjana/Diploma, para wisudawan/wati juga diberikan sertifikat kompetensi sesuai dengan bidangnya sebagai sertifikat pendamping ijazah. Kualifikasi kompetensi yang berlisensi dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) menjadi pengakuan kompetensi yang dimiliki para pemegang sertifikat untuk dapat dijadikan sebagai bahan pendukung bagi pawa wisudawan/wati lulusan UNP Padang untuk bersaing di dunia kerja dan duni industri.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *